Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Bahasa Indonesia SMP 2019 1-5

Latihan Soal dan kunci jawaban usbn bahasa indonesia smp 2019 – Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat dengan USBN akan segera dilaksanakan pada waktu dekat ini. Tak kalah pentingnya dengan Ujian Nasional, konon Nilai USBN juga turut menjadi patokan bagi Lulus atau Tidaknya seorang siswa khususnya Siswa yang saat ini berada di bangku kelas 9. Mengingat pentingnya USBN, Semua siswa mau-tidak mau harus bisa mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari sebelum USBN SMP (Khususnya Pelajaran Bahasa Indonesia) tahun 2019 tersebut akan dilaksanakan. Dengan begitu, diharapkan siswa kelas 9 mampu menghadapi USBN SMP Bahasa Indonesia dengan lancar dan mendapat nilai yang memuaskan.

Demi terwujudnya hal tersebut, kali ini penulis akan share Contoh Latihan Soal / Prediksi Soal serta Kunci Jawaban USBN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2019. Latihan soal ini saya ambil dari Soal Latihan USBN Tahun 2018 dan saya harap materi yang nantinya muncul di USBN Bahasa Indonesia 2019 tidak jauh dari yang saya share kali ini.

Untuk mempelajarinya, teman – teman bisa membaca soal ini secara Online di bawah ini atau dapat mengunduhnya pada Link download yang akan saya sediakan di bagian bawah artikel.

Prediksi Soal / Soal Latihan

Berikut Latihan Soal Prediksi dan Kunci Jawaban USBN Bahasa Indonesia SMP 2019.

A. Berilah tanda silang (X) pada pilihan jawaban A, B, C, atau D yang paling tepat!

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 13!

Bunglon, Binatang yang Bisa Berubah Warna

Bunglon adalah salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik karena dapat mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini digunakan untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.

Bunglon memiliki kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.

Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini karena bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan saat gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang seperti kuning dan oranye.

LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN

Indikator: Peserta didik dapat menggali informasi tersurat teks.

  1. Bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?
    a. Dengan menyesuaikan warna di tempatnya
    b. Dengan melebar atau mengecilkan pigmen di
    c. Dengan cara yang disebut
    d. Dengan memantulkan sinar
  2. Apa warna yang kira-kira akan dikeluarkan bunglon ketika ia kalah dari perkelahian?
    a. Oranye
    b. Merah
    c. Kuning
    d. Hitam
  3. Berikut ini adalah tabel perubahan warna
    No.Alasan

    Perubahan

    Warna
    1.Melindungi diriSesuai lingkungan
    2.Perasaan negatif(a) ….
    3.Perasaan positif(b) ….

    Isian yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut adalah ….

    a. (a) warna gelap; (b) warna terang
    b. (a) warna terang; (b) warna gelap
    c. (a) warna hitam; (b) warna kuning
    d. (a) warna hijau; (b) warna cokelat

  4. Pada hari Minggu diadakan kerja Siswa kelas VI dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama membersihkan kelas, sedangkan kelompok kedua membersihkan halaman.
    a. kumpulan
    b. regu
    c. gugus
    d. tim
  5. Perhatikan dua teks berikut!

    Teks 1

    Endah selalu saja memaki Hera. Padahal Hera tidak pernah berbuat buruk pada Endah. Entah mengapa Endah begitu membenci Hera. Hera selalu tabah jika Endah tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Endah terjatuh ketika pulang sekolah. Hera yang melihat kejadian itu langsung menolongnya.

    Teks 2

    Sofy adalah anak yang sangat baik di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tidak pernah membeda-bedakan. Ia berteman dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang paling pandai di kelas, Sofy sangat disukai oleh teman-temannya. Bahkan, guru-guru juga menyukainya.

    Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ….

    1. menolong orang walaupun ia suka mengejek
    2. disukai banyak orang karena suka menolong
    3. berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
    4. menolong siapa saja yang sedang membutuhkan

Lanjutkan ke No 6-10 atau Download Soal Lengkap

Keyword :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.