Tips Mengelola Icloud Yang Jarang Diketahui

Diposting pada

Melakukan konfigurasi icloud Anda akan mendapatkansecara otomatis ruang penyimpanan baru yang cukup besar, yakni sekitar 5GB. Ruang penyimpanan yang diperoleh tersebut nantinya dapat digunakan sebagai cadangan iCloud seperti menyimpan dokumen-dokumen yang sudah diperbaharui pada iCloud drive serta semua foto dan video yang tersimpan dalam perpustakaan iCloud.

Akan tetapi, apabila Anda masih membutuhkan iCloud dengan kapasitas yang lebih besar Anda dapat membelinya biasanya ruang iCloud yang dijual mulai dari 50GB. Permasalahan akan muncul apabila Anda tidak dapat melakukan berbagai aktivitas menerima maupun mengirim pesan menggunakan alamat iCloud.

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah demikian, jalan satu-satunya adalah dengan mengosongkan sebagian dari ruang penyimpanan yang dimiliki.

Periksa Kembali Kapasitas Penyimapanan dari iCloud Yang Dimiliki
Untuk pengguna iphone ada dua cara yang pertama adalah untuk pengguna iOs 10.3 dan untuk iOs 10.2. Bagi yang menggunakan iOs versi 10.2 Anda dapat membuka pengaturan kemudian pilih iCloud dan terakhir pilihlah “kelola”.

Sedangkan untuk pengguna iOs versi 10.3 ke atas pertama-tama Anda harus masuk juga pada menu pengaturan kemudian pilih (nama Anda) kemudian klik iCloud. Tidak berhenti sampai disitu saja, selanjutnya ketuklah “kelola penyimpanan” atau bisa juga “penyimpanan iCloud”.

Selain menggunakan iPhone, pengelolaan iCloud juga dapat dilakukan dari Macbook. Caranya pun cukup mudah Anda hanya perlu membuka menu Apple kemudian lanjutkan dengan memilih preferensi sistem dan klik “iCloud” kemudian pilih lagi “kelola”, sangat mudah bukan?.

Mengurangi Ukuran Yang Terdapat Pada Perpustakaan Foto Milik iCloud
Penghematan ruang perangkat dapat juga Anda lakukan dengan mengaktifkan fitur pengoptimalan penyimpanan perangkat yang ada di pengaturan. Apabila fitur ini Anda aktifkan, maka secara otomatis foto dan video asli ukurannya akan dirubah untuk meneysuaikan dengan ukuran perangkat. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena semua fle video dan foto dengan ukuran asli tersebut (resolusi penuh) tetap dapat Anda unduh kpanpun karena disimpan di iCloud.

mengurangi sebuah ukuran foto yang terdapat pada cadangan perpustakaan iCloud

Anda dapat mulai dengan menyimpan video ataupun foto tersebut ke PC kemudian dilanjutkan dengan mencadangkan perangkat iOs menggunakan cara manual. Akan tetapi, apabila ingin menyimpan file video dan foto tersebut pada smartphone yang dimiliki Anda cukup menonaktifkan perpustakaan foto yang ada di cadangan.

Atau seperti yang sudah disebutkan di paragraf sebelumnya Anda dapat membeli ruang penyimpanan yang lebih besar. Selain itu, Anda juga bisa menghapus beberapa foto yang tidak diinginkan ataupun yang tidak berkenan Anda cadangkan, cara menghapusnya sama seperti cara menghapus foto pada folder biasa.

Sebagai informasi tambahan yang harus Anda ketahui juga bahwasanya semua data baik itu file video maupun foto yang ada pada iCloud drive juga dapat dikelola maupun dihapus.

Cara untuk menghapusnya silahkan masuk ke dalam situs iCloud.com dari perangkat PC Anda, kemudian lanjutkan dengan mengklik bagian mail. Setelah masuk pada mail, silahkan hapus semua pesan yang tidak Anda perlukan dengan mengklik gambar tanda pengaturan dan kemudian langsung saja memilih “kosongkan tong sampah”.

Penyimpanan iCloud itu sendiri berbeda dari sistem penyimpanan biasanya yang ditemui pada perangkat smartphone, sehingga cara pengelolaannya pun berbeda. iCloud ini mirip dengan google drive, namun hanya bisa diakses oleh perngkat iOs dari berbagai produk apple.

Ukuran file yang disimpan dalam iCloud tidak boleh melebihi batas maksimumnya, yaitu 15GB. Itu dia seputar tips mengelola iCloud yang masih sangat jarang diketahui, terutama bagi Anda yang baru menggunakan iPhone, selamat mencoba.

Artikel Serupa :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.