Seciko

SBMPTN? Siapa Takut!

Setelah selesai menjalani Ujian Nasional, ada satu masa lagi yang sangat mendebarkan bagi siswa kelas 12. Apalagi kalau bukan SBMPTN, walaupun SBMPTN ini masih sekitar kurang lebih 6 minggu lagi namun persiapan yang dilakukan siswa kelas 12 sudah berbagai macam.

Kebanyakan dari mereka merasa gugup dan tidak percaya diri menghadapi masa SBMPTN nanti. Hakikatnya sama seperti ujian pada umumnya, dalam menghadapi ujian tulis seleksi perguruan tinggi negeri bukan saja aspek kognitif yang harus dipersiapkan secara matang, melainkan keadaan psikis juga harus siap.

Mata pelajaran yang di SBMPTN kan sama saja seperti mata pelajaran ujian nasional, sesuai dengan jurusan yang Kamu ambil. Apabila sewaktu di SMA lalu Kamu adalah anak sains dan memilih jurusan sosial untuk di perguruan tinggi, maka ujian SBMPTN yang akan dijalani adalah pelajaran sosial.

Itulah sebabnya, jika Kamu memilih lintas jurusan sangat dianjurkan jika mengikuti bimbingan belajar terlebih dahulu sebelum mengikuti ujian SBMPTN. Akan tetapi, Kamu tidak perlu takut dan cemas berlebihan. Jika melakukan beberapa hal dibawah ini Kamu akan semakin siap menghadapi ujian SBMPTN.

Penasaran apa saja hal yang harus dilakukan? Simaklah poin-poin berikut.

Berlatih Soal-Soal
Cara pertama yang harus Kamu lakukan adalah mulai rajin berlatih mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun lalu. Jika memungkinkan Kamu juga dapat mencari kisi-kisi soal terbaru dan kemudian mencoba berlatih.

Semakin Kamu terbiasa mengerjakan soal-soal SBMPTN peluang untuk lolos ujian akan semakin besar. Yang perlu Kamu tekankan disini adalah bukan menghafal teorinya secara kontekstual melainkan menghafal konsep dan benang merahnya. Dengan cara begitu Kamu akan semakin siap menguasai materi dengan mudah.

Belajar Manajemen Waktu Dalam Mengerjakan Soal
Dalam menghadapi ujian SBMPTN Kamu juga harus pandai memprediksi waktu, pastikan timing Kamu sudah tepat dalam menentukan waktu untuk mengerjakan satu nomer soal. Dalam ujian SBMPTN ada bagian yang namanya tes potensi akademik (TPA) diantara soal-soal lainnya, TPA inilah yang sering diremehkan.

Alhasil banyak peserta yang gagal karena soal TPA tersebut. Sebagai pelajaran untuk Kamu, jangan menganggap remeh soal TPA, sekilas memang terlihat mudah akan etapi tingkat kerumitan soal ini begitu tinggi. Jadi, siapkan waktu khusus yang lebih lama untuk mengerjakan soal TPA ini ya.

Memilih Soal
Dalam ujian nasional, jika Kamu salah menjawab soal maka tidak akan mengurangi nilai yang sudah diperoleh. Hal tersebut berbeda dengan ujian SBMPTN. Begitu Kamu salah menjawab satu nomer saja maka poin atau nilai yang sudah didapatkan akan dikurangi.

Semakin banyak Kamu menjawab salah semakin banyak pula nilai yang berkurang. Dalam mengerjakan soal SBMPTN ini memang membutuhkan strategi dalam memilih soal. Kerjakan soal-soal yang menurut Kamu mudah dan tidak terlalu berisiko.

Apabila Kamu ragu dan benar-benar tidak dapat menjawab soal tersebut lebih baik kosongkan. Soal yang tidak diisi alias kosong tidak akan mengurangi nilai yang sudah diperoleh, lebih aman bukan.

Berdoa
Setelah melakukan semua usaha dan cara yang disebutkan di atas, langkah terakhir agar mampu mengerjakan soal SBMPTN adalah berdoa. Serahkan semuanya kepada tuhan dan jangan lupa meminta restu kepada kedua orang tua agar diberi kelancaran saat mengerjakan soal.

Bagaimana? Sekarang sudah siap kan untuk mengahadapi ujian SBMPTN mendatang. Selama Kamu mampu merencanakan jadwal belajar dengan baik, tidak akan ada masalah.

Kunci utama sukses dalam menghadapi ujian SBMPTN ini adalah percaya diri dan memiliki timing waktu yang pas, semoga berhasil.

Rekomendasi
Tags: