Pengalaman Plus dan Minus Migrasi dari Blogspot ke WordPress

Bissimillahirrahmannirrahim. Halo sobat blogger, pada artikel kali ini saya ingin menceritakan sedikit tentang Plus/Minusnya pengalaman saya yang baru saja memindahkan Hosting blog utama saya dari Blogspot ke WordPress. Menurut sebagian blogger, WordPress sendiri merupakan masa depan yang cerah bagi para Blogger yang ingin membesarkan nama Situs Webnya. Hal itu dikarenakan dengan wordpress kita bisa mengelola situs dengan sebebasnya. Sedangkan apabila blogspot kita semua tahu banyak hal yang dibatasi yang kebanyakan tidak bisa dilakukan di WordPress.

Sebenarnya, ini adalah keputusan yang sangat krusial bagi saya untuk bermigrasi dari blogspot ke wordpress. Pasalnya, saya tidak pernah sekalipun mengelola situs di wordpress. Benar-benar tidak tahu apa-apa. Bekal saya untuk bermigrasi ke WordPress hanyalah pengalaman dari blogspot. Dan saya berani melakukan Migrasi ini setelah menimbang banyaknya resiko yang akan saya terima apabila saya Bermigrasi dari Blogspot ke WordPress.

Beberapa resiko itu saya ketahui setelah berseluncur di internet, dan di bawah ini adalah beberapa resiko yang bisa kita terima apabila mencoba Migrasi dari Blogspot ke WordPress.

  • Visitor Menurun
    Visitor menurun merupakan hal yang sangat ditakuti oleh kebanyakan blogger yang memutuskan migrasi ke WordPress termasuk saya sendiri. Bahkan setelah berhasil bermigrasi, penurunan itu benar-benar terjadi. Sebelum bermigrasi, pengunjung blog saya mencapai 30k Pageviews perharinya, dan di HISTAT tercantum sampai 10k Unik Visitors perharinya. Namun setelah bermigrasi visitors saya hanya mentok mencapai 3k saja.
  • Kehilangan SEO dan Indeks dari Mesin Pencari (Google, Bing, dll)
    Selain masalah visitors, hal ini juga sangat saya takuti ketika hendak bermigrasi ke wordpress. Dan kembali, hal itu benar-benar terjadi. Walaupun di wordpress sudah tersedia plugin SEO yang memudahkan penggunanya mengatur SEO blognya. Namun pada kenyataannya tidak seperti itu, biasanya ketika saya selesai mempublisher Artikel lalu mensubmit ke Google Web Master. Artikel saya langsung terindex di Google. Namun ketika bermigrasi, butuh beberapa lama untuk membuat artikel saya menjadi terindex.
  • Penghasilan Adsense Menurun
    Ini dia yang paling penting, dan sangat berkaitan dengan dua hal di atas. Penghasilan Adsense saya menurun sebanyak kurang lebih 70%. setelah bermigrasi ke WordPress. Parah!  Mungkin hal ini disebabkan karena dua hal di atas yaitu pengunjung blog saya yang berkurang semenjak bermigrasi ke WordPress.
  • Cara Migrasi dari Blogspot ke WordPress yang Rumit
    Saya sebenarnya sudah merencanakan bermigrasi dari blogspot ke wordpress dari bulan lalu. Namun karena ketika melihat tutorial migrasi yang cukup rumit. Saya menunda-nunda melakukan migrasi tersebut. Hingga sampai akhirnya saya berhasil melakukan migrasi dengan sukses walaupun diikuti dengan beberapa kendala di atas.
  • Takut Memulai dari Nol
    Jika ke empat hal di atas adalah murni dari pengalaman saya, hal yang ke lima ini berbeda. Kebanyakan blogger mungkin takut memulai dari nol jika memutuskan untuk bermigrasi dari Blogspot ke WordPress. Mungkin karena malas belajar lagi, malas ngutak-ngatik, atau sudah nyaman dengan Blogspot sekalipun. Tapi tidak termasuk saya. Saya justru sangat ingin belajar wordpress walaupun dari nol. Makanya saya berani melakukan migrasi ini dan mengambil semua resiko yang ada di atas. Karena saya yakin, wordpress merupakan masa depan yang baik bagi situs saya.

Nah itu di atas adalah beberapa Resiko yang mungkin bisa dibilang merugikan Blogger ketika bermigrasi ke WordPress. Namun dibalik semua itu, ternyata banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika bermigrasi ke WordPress. Apa saja itu? Ini dia beberapa keuntungan yang didapatkan ketika bermigrasi ke WordPress.

  • Bebas dari ancaman Delete Account atau Penghapusan Akun dari Blogspot
    Tahukah Anda, selama Anda menggunakan blogspot, kapanpun blospot bisa menghapus Akun blogspot Anda jika Anda terbukti melanggar kebijakan Blogspot. Dan hal tersebut menyebabkan Blog yang sudah Anda bangun dengan susah payah pun ikut terhapus dan tidak bisa di akses kembali. Walaupun hal ini jarang terjadi, namun bukan berarti hal ini tidak perlu dipertimbangkan ketika Anda lebih memilih Blogspot daripada WordPress.
  • Mempermudah Optimasi SEO
    Optimasi SEO pada wordpress sebenarnya lebih mudah daripada blogspot. Seperti yang kita ketahui, untuk memkasimalkan Optimasi Seo di blogspot, kita harus menyetting secara manual beberapa Optimasi Seo yang dibutuhkan seperti Meta Tag, Robots.txt, dan lain sebagainya. Sedangkan di wordpress. Kita hanya perlu memasang plugin SEO dan mengatur mau bagaimana situs kita ketika tampil di Google. Tidak perlu merubah kode. Hanya perlu memilih gaya yang disediakan karena selebihnya, secara otomatis plugin tersebut akan mengaturnya dan Situs kita akan memiliki Optimasi SEO yang lebih tinggi sesuai yang kita inginkan.
  • Template/Tema Bisa denga mudah di Utak-Atik Sendiri
    Dengan wordpress, kita bisa mengutak-atik template dengan sangat mudah sekali, tidak perlu terjun langsung ke halaman EDIT HTML seperti di blogspot, kita hanya perlu mengatur widget mana yang ingin ditampilkan. Bahkan pilihan templatenya pun banyak sekali, baik Gratis maupun Premium.
  • Proses Index ke Google Lebih Cepat
    Proses Indexing lebih cepat karena dibantu oleh Plugin SEO. Saya sendiri baru merasakan hal ini ketika beberapa hari bermigrasi ke WordPress karena baru belajar mengutak-atik anunya.
  • Bebas Update dengan Jumlah yang banyak dalam satu hari.
    Di blogger, kita menemukan banyak isu bahwa apabila kita terlalu sering mengupdate artikel dalam 1 hari. Hal itu bisa menyebabkan akun blog kita di banned karena dianggap sebagai Spam. Namun hal itu tidak berlaku jika kita menggunakan Hosting sendiri di WordPress. Kita bisa posting artikel sebanyak apapun yang kita mampu.
  • Mendapatkan sertifikat SSL/TLS (Secure)
    Apa itu SSL/TLS? SSL/TLS adalah sertifikat yang dimiliki sebuah situs untuk menyatakan bahwa situs tersebut aman di akses oleh pengunjung. Di blogspot sendiri memang sudah tersedia sertifikat tersebut. Namun sayangnya sertifikat SSL/TLS yang disediakan di blogspot tidak bisa digunakan ketika menggunakan Top Level Domain. Sedangkan di WordPress. Sudah pasti bisa hehe…

Nah mungkin itu saja dari saya tentang Plus dan Minusnya Bermigrasi dari Blogspot ke WordPress. Semuanya berdasarkan pengalaman saya sendiri dan dibumbui oleh beberapa artikel yang saya dapatkan dari mesin pencari Google hehe. Selebihnya, silahkan sobat semua rasakan sendiri bagaimana sensasi nya Berpindah dari Blogspot ke WordPress. Karena hal tersebut bagi saya adalah tantangan. Hanya beberapa Blogger saja yang berani melakukan hal tersebut hehe. Udah kaya uji nyali aja. Sekian untuk Artikel kali ini, semoga bisa membantu Anda untuk mencari pertimbangan untuk Pindah ke wordpress atau tidak. Semoga bermanfaat!

Mochamad Rizky Heryandi

Setiap ilmu yang kita dapatkan harus kita amalkan sebelum kita kembali kepada Nya.

Mungkin Anda juga menyukai

11 Respon

  1. Airul Amruddin berkata:

    Halo mas, saya mau bertanya.. Penurunan ini terjadi karena penggantian Theme ya? Butuh berapa lama sampai trafik kembali normal?

    Lalu mas pakai VPS atau Hosting? Kalau VPS, bisa saya minta infonya spesifikasi yang dipakai? Untuk visitor berapa?

    Terima kasih sebelumnya. Saya mau migrasi juga buat blog pendidikan (UV 25K Day) cuma masih bingung.

    • Kalo Berdasarkan pengalaman saya, penyebab trafik turun saat migrasi dari Blogspot ke Hosting itu
      1. Waktu Migrasi Domain, Pengarahan Domain ke Nameserver baru waktu itu makan waktu sekitar 1 harian. Kalo sekarnag sih kayanya lebih cepat.
      2. Karna permalink blogspot dan permalink wordpress berbeda, dan dulu salahnya saya gapakai redirect dari permalink blogspot ke permalink wordpress. Baca lebih lengkapnya disini : https://juragancipir.com/cara-merubah-permalink-wordpress-tanpa-hilang-trafik/

      Kalo buat trafik segitu, coba pakai wordpress hostingnya rumahweb, saya sendiri pakai yg 10 cloudlet harganya sekitar 250rb perbulan.

      Atau kalo mau yang murah bisa coba unlimited hosting hostinger.co.id yang paket bisnis nya. Kalo ga salah harganya 1,4jt an tapi itu untuk 1 tahun. Kuat kok nampung UV 25 k / Day. berdasarkan pengalaman ya mas hehe…

  2. Faiz Rahman berkata:

    Permisi gan, sebelumnya terima kasih banyak sudah sharing artikel ini. Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan :

    1. Dulu waktu agan migrasi dan ga pakai redirect, apa banyak 404 atau gimana?
    2. Terus link juragan cipir yang agan kasih diatas apakah masih work (Dan seterusnya work?)
    3. Mending pakai cara juragan cipir atau manual redirect 301?
    4. Dan penasaran juga sama komen awal, apakah trafik bisa kembali normal? Butuh berapa lama?

    Terima kasih

    • 1. Banyak 404 gan, itu karena saya ga persiapan apapun sebelum migrasi,tapi seiring berjalannya waktu teratasi kok, pakai redirect, dan buat minimalisir 404 jangan lupa pasang plugin redirect 404 to homepage

      2. Masih work gan

      3. Juragancipir kayanya lebih jos kalo artikel udah banyak

      4. Bisa kembali normal gan, asal jangan lupa request perubahan alamat di search consolenya dari domain lama ke domain baru. Jadi nanti indeksnya cepat.

  3. Faiz Rahman berkata:

    Terima kasih banget gan, jadi paham saya.

    Tapi ini saya jujur belum paham WP, itu kode juragan cipir ngga akan bikin error tertentu memang yah? Istilahnya kan kalau kita migrasi terus atur link secara manual, terasa ‘udah pasti’ dari URL A > ke A lagi misalnya.

    Agan sendiri apakah makai kode dari juragan cipir tersebut?

    • Ga bakal eror kok, saya udah coba soalnya…
      Saran saya kalo belum pernah nyemplung di WP Lebih baik pelajari dulu, buat blog baru pake hosting yang murah, supaya pas nanti migrasi agan udah paham betul apa yang harus dilakuin setelah migrasi, itu penting soalnya buat mencegah trafik hilang juga.

    • Jangan sampai kaya saya, belum nyentuh wp sama sekali dah berani migrasi wkwk, alhasil trafik anjlok drastis waktu itu, tapi kalo sekarang2 mau migrasi dari blogspot ke wordpres udah tahan betul, malah migrasi hosting A ke hosting B pun udah paham, saya udah berkali kali ganti soalnya, ini juga beberapa hari yang lalu saya ganti domain .com sekarang jadi .net

  4. Faiz Rahman berkata:

    Permisi mas maaf mau tanya. Saya migrasi sudah sukses, dan setiap URL sudah redirect 301 dengan benar.

    Cuma saya mau tanya, kenapa jadi ada dobel index ya?

    Misalnya saya cari “Cara Memperbaki Ban Mobil”

    Disana ada URL saya dalam satu keyword.

    URL lama sama URL baru

    Tapi kalau URL lama di klik pastinya udah menuju ke URL baru.

    Apa ada yang salah? Atau nanti URL lama otomatis ilang?

  5. Faiz Rahman berkata:

    Oh iya mas ada dua juga ya. Memang normal ya mas?

    Sebelumnya terima kasih banyak atas bantuannya yang sudah diberi. Mas ini responnya cepet banget, saya bener-bener terbantu.

    • Itu memang normal mas, nanti juga dengan sendirinya bakal ganti sama domain baru..
      Yang pasti google nyaranin selama proses pergantian domain itu, minimal selama 180 hari redirectnya terus aktif, jangan sampai gak aktif. Biar indeksnya lancar

      Haha santai aja mas, kebetulan aja lagi pegang HP..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.