fitur pemeriksaan url

Memahami Fungsi Inspeksi URL dari Google Search Console Baru

Diposting pada

Google baru saja merilis Fitur terbaru di ‘Google Search Console Baru‘ mereka. Fitur tersebut rilis bersamaan dengan dinonaktifkannya fitur Submit Url yang biasa bisa sobat bisa lakukan melalui link https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url. Dengan adanya fitur baru ini dan dinonaktifkannya fitur submit url tentu membuat sebagian teman-teman blogger kebingungan, pasalnya fitur baru yang diberikan Google sekilas bukan pengganti dari fitur Submit Url yang dulu. Fitur tersebut bernama Fitur Pemeriksaan Url atau disebut juga Fitur Inspeksi URL.

Jika saya pelajari lebih lanjut, menurut saya Fungsi Fitur Pemeriksaan URL ini diciptakan bukan semata-mata untuk mengganti fitur Submit URL yang sebelumnya ada. Melainkan, menambah Fitur bagi para pengguna Google Search Console untuk bisa memeriksa kondisi URL yang mereka kirimkan melalui fitur Fetch as Google.

fitur pemeriksaan url

Kita semua tau, sebelum fitur Submit URL dihapus, ada beberapa cara untuk meminta kepada google agar mengindex url dari situs yang kita kirimkan, yaitu melalui fitur Submit URL, Fetch as Google dan dengan cara mengirimkan Peta Situs (Sitemap).

Untuk mengirimkan Peta Situs, sobat hanya perlu menambahkan satu kali saja di https://www.google.com/webmasters/tools/sitemap-list?hl=in&siteUrl=https://www.domainanda.com/, karena akan di update secara otomatis seiring bertambahnya URL pada Situs sobat.

Sedangkan untuk Fitur Submit URL dan Fetch as Google kita harus menambahkan URL secara manual dan rutin, sesuai dengan bertambahnya URL baru yang ada pada situs kita. Contohnya adalah setelah membuat artikel, sobat tentunya ingin artikel tersebut cepat terindex google, dan caranya adalah dengan menggunakan fitur Fetch as Google dan Submit URL.

Namun, karena fitus Submit URL ini telah dihapus, sobat kini hanya bisa mengandalkan fitur Fetch as Google saja, saya yakin sobat blogger semua sudah mengerti bagaimana cara me-submit artikel menggunakan Fetch as Google.

Fungsi Fitur Pemeriksaan URL

Fitur Pemeriksaan URL memberikan informasi tentang halaman spesifik dalam versi yang sudah diindeks Google. Informasi mencakup error AMP, error data terstruktur, dan masalah pengindeksan.

Sumber : https://support.google.com/webmasters/answer/9012289

Dengan informasi di atas, saya bisa mengambil kesimpulan bahwa Fitur Pemeriksaan URL berfungsi untuk memberi informasi dari URL yang akan kita Periksa di Fitur Pemeriksaan URL itu sendiri, Informasi tersebut sudah dijelaskan di atas, yaitu mencakup error AMP, error Data Terstruktrur, dan Masalah Pengindeksan.

Untuk menggunakan Fitur Pemeriksaan Url atau Fitur Inspeksi URL ini kita harus menggunakan Search Console Baru. Link nya ada di Pojok Kiri Atas tampilan Search Console lama.

coba search console baru

Sebagai contoh, saya akan memeriksa URL Postingan di situs saya ini dengan URL : https://seciko.com/intermilan-harus-siapkan-e700-juta-untuk-mendapatkan-lionel-messi-dari-barcelona/

Google Search Console Baru

Hasilnya adalah sebagai berikut.

Search console baru

Dengan fitur Inspeksi URL ini kita bisa mengetahui status URL yang sudah kita kirimkan melalui fitur Fetch as Google. Biasanya, butuh beberapa jam setelah URL di Fetch as Google agar bisa mendapatkan Laporan yang efektif seteleh dicoba dicek melalui Fitur Inspeksi URL.

Dari hasil analisa di atas sebenarnya laporannya sudah jelas, URL yang saya kirimkan sudah dikirim dan terindex di google serta memiiki Versi AMP yang Valid. Jika sobat merasa kurang mengerti sobat bisa klik tiga Laporan di atas, nanti di bawahnya akan ada penjelasannya.

Kesimpulan

Dengan melakukan Uji Coba di atas, kita semua tahu bahwa Fungsi dari Fitur Inspeksi URL adalah untuk memberi informasi mengenai status URL yang telah kita kirimkan ke Google, baik melalui Fetch as Google (Manual) atau melalui Peta Situs.

Artikel Serupa :

Gambar Gravatar
Setiap ilmu yang kita dapatkan harus kita amalkan sebelum kita kembali kepada Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.