Kunci Jawaban Latihan Soal Sistem Informasi Manajemen 10.1

Berikut Kunci Jawaban Latihan Soal Sistem Informasi Manajemen 10.1

DASAR MANAJEMEN DAN BISNIS

DASAR MANAJEMEN DAN BISNIS

  1. Apa yang kamu ketahui tentang sistem informasi manajemen dan mengapa sistem informasi manajemen sangan berperan penting dalam sebuah manajemen?
    Jawab :

    PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

    Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu perusahaan/ organisasi

    MENGAPA SIM SANGAT BERPERAN PENTING DALAM SEBUAH MANAJEMEN
    Karena sim merupakan suatu sistem yang biasanya diterapkan dalam suatu organisasi untuk mendukunng pengambilan keputusan & informasi yang dihasilkan dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen atau dengan kata lain teknik pengelolaan informasi dalam sutu perusqhaan/ organisasi.
  2. Jelaskan bagaimana hubungan sistem informasi manajemen dan fungsi manajemen? Komponen apa saja yang diperlukan didalam sistem informasi manajemen.
    Jawab :

    Hubungannya menuai sinergi yaitu serangkaian subsistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi serta secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Kegiatan utama dari semua sistem informasi, yaitu ; menerima data, memproses data, memperoleh informasi sebagai keluarannya. Serta fungsi dari manajemen itu sendiri merupaka berbagai jenis tugas ataupun kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan bersifat saling menunjang untuk mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

    4 Fungsi utama dalam manajemen :

    • Perencanaan (Planning)
    • Pengorganisasian (Organizing)
    • Pengarahan (Actuating/Directing)
    • Pengawasan (Controlling)
  3. Jelaskan bagaimana pengembangan sistem informasi dengan menggunakan pendekatan insourcing atau outsourcing di perusahaan dapat dilakukan. Jelaskan pula hal-hal yang mempengaruhi kesuksesan dalam pengembangan sistem tersebut.
    Jawab :
    Pendekatan Insourcing
    Insourcing adalah mengoptimalkan karyawan dalam perusahaan untuk dipekerjakan di luar perusahaan berdasarkan kompetensi dan minat karyawan itu sendiri dan difasilitasi oleh perusahaannya. Artinya mereka akan dibayar secara penuh oleh perusahaan yang menggunakannya, atau sharing dengan perusahaan asalnya atau perusahaan asal hanya menanggung selisih gaji (Zilmahram, 2009). Insourcing merupakan delegasi dari suatu pekerjaan ke pihak yang ahli (spesialis TI) dalam bidang tersebut dalam suatu perusahaan. Insourcing merupakan pengembangan dan penerapan sistem informasi manajemen yang dilakukan oleh internal perusahaan dan dilakukan oleh pegawai perusahaan itu sendiri.

    Hal-hal yang memengaruhi kesuksesan pendekatan insourcing:

    • Perusahaan memiliki sumber daya manusia yang memadai untuk pengembangan sistem informasi.
    • Perusahaan melakukan audit secara berkala kepada divisi IT yang bertanggung jawab atas pengembangan sistem informasi.


    Pendekatan Outsourcing

    Outsourcing atau pendayagunaan sumberdaya eksternal merupakan pemindahan sistem informasi perusahaan baik seluruh maupun sebagian (Benamati dan Rajkumar, 2002). Outsourcing dalam arti luas adalah pembelian sejumlah barang atau jasa yang semula dapat dipenuhi oleh internal perusahaan tetapi sekarang dengan memanfaatkan mitra perusahaan sebagai pihak ketiga (O’Brien dan Marakas, 2010). Dalam kaitannya dengan TI, outsorcing digunakan untuk menjangkau fungsi TI secara luas dengan mengontrak penyedia layangan eksternal. Faktor utama yang mendorong pendekatan ini adalah efisiensi sumber daya. Sementara itu pendekatan outsourcing biasanya diterapkan oleh perusahaan yang tidak cukup memiliki sumber daya manusia untuk pengembangan sistem, namun memiliki dana yang cukup untuk membeli sistem yang ada dari pihak di luar perusahaan.

    Hal-hal yang memengaruhi kesuksesan pendekatan outsourcing:

    • Perusahaan dapat memilih vendor yang tepat.
    • Terdapat kontrak yang jelas antara perusahaan dengan vendor yang dipilih oleh perusahaan.
    • Pengembangan sistem terdokumentasi dengan lengkap dan jelas.
    • Terdapat jangka waktu pengerjaan yang jelas.
    • Perusahaan mampu menyampaikan kebutuhan sistem yang diperlukan.
  4. Jelaskan bagaimana konversi sistem informasi dapat dilakukan?
    Jawab :

    Konversi sistem merupakan tahapan yang digunakan untuk mengoperasikan sistem baru dalam rangka menggantikan sistem yang lama atau proses perubahan dari sistem lama ke sistem baru. Terdapat beberapa metode untuk mengkonversikan sistem, diantaranya :
    a. Konversi Langsung (Direct Conversion)
    Konversi ini dilakukan dengan cara menghentikan sistem lama dan menggantikannya dengan sistem baru. Cara ini merupakan metode konversi yang paling beresiko, akan tetapi murah. Konversi langsung adalah pengimplementasian sistem baru dan pemutusan jembatan sistem lama, yang terkadang disebut pendekatan cold turkey. Apabila konversi sudah dilakukan, maka tidak ada cara untuk kembali ke sistem lama. Metode ini akan bermanfaat apabila :
    1) Sistem tersebut tidak mengganti sistem lain.
    2) Sistem yang lama sudah tidak bernilai lagi.
    3) Sifat sistem yang baru bersifat kecil, sederhana, ataupun keduanya.
    4) Rancangan sistem baru sangat berbeda dengan sistem lama, dan perbandingan antara sistem-sistem tersebut tidak berarti.
    b. Konversi Paralel (Parallel Conversion)
    Pada metode konversi ini, sistem baru dan lama sama-sama dijalankan. Setelah melalui masa tertentu, jika sistem baru telah dapat diterima, maka sistem lama akan segera dihentikan. Cara seperti ini merupakan pendekatan yang paling aman, tetapi merupakan cara yang paling mahal, karena pemakai menggunakan dua sistem sekaligus.
    c. Konversi Bertahan (Phase-In Conversion)
    Pada metode ini, konversi dilakukan dengan menggantikan suatu bagian dari sistem lama dengan sistem baru. Sehingga, jika terjadi sesuatu, bagian yang baru tersebut akan diganti dengan yang lama. Namun, apabila tidak masalah, modul-modul yang baru akan dipasangkan lagi untuk menggantikan modul-modul yang lama yang ini. Dengan pendekatan seperti ini, akhirnya semua sistem lama akan tergantikan dengan sistem yang baru. Dengan metode ini sistem baru akan diimplementasikan beberapa kali, yang secara sedikit demi sedikit mengganti yang lama, oleh sebab itu sistem harus tersegmentasi. Kelebihan dari metode ini adalah kecepatan perubahan dalam organisasi tertentu bisa diminimalisasi, dan sumber-sumber pemrosesan data dapat diperoleh sedikit demi sedikit selama periode waktu yang luas.
    Sementara itu, kelemahan dari metode ini adalah :
    1) Perlunya dana untuk mengembangkan interface temporer dengan sistem yang lama.
    2) Daya terapan yang terbatas.
    3) Terjadi kemunduran semangat organisasi, sebab orang-orang tidak pernah merasa menyelesaikan sistem.
    d. Konversi Pilot (Pilot Conversion)
    Pada metode ini, konversi dilakukan dengan cara menerapkan sistem baru hanya pada lokasi tertentu yang diperlakukan sebagai pelopor. Jika konversi ini berhasil dilakukan, maka akan diperluas ke tempat-tempat lain. Metode ini merupakan metode yang memiliki biaya dan resiko rendah. Dengan metode ini, maka hanya sebagian dari organisasilah yang mencoba mengembangkan sistem baru. Perbedaannya antara metode konversi pilot dengan metode konversi bertahap adalah pada metode konversi bertahap sistemnya yang mengalami segmentasi, akantetapi pada metode konversi pilot, maka organisasinya yang tersegmentasi. Metode ini cocok untuk apabila sistem baru melibatkan prosedur baru dan telah terjadi perubahan drastis pada softwarenya. Fungsi dari sistem pilot adalah :
    1) Tempat pengujian (test site).
    2) Melatih pemakai seluruh organisasi dalam menghadapi lingkungan secara live sebelum sistem tersebut diterapkan didalam organisasi mereka sendiri.
  5. Jelaskan manfaat sistem informasi manajemen dalam bidang pemasaran.
    Jawab :

    Manfaat Sistem Informasi Manajemen dalam bidang pemasaran yaitu:
    • Dapat membantu Manager Pemasaran untuk mengetahui Tren apa yang sedang ada di dalam masarakat pada masa kini guna melakukan promosi yang dapat menarik perhatian konsumen.
    • Dapat membantu kegiatan Manager Pemasaran seperti menganalisa harga secara cepat, tepat, dan akurat.
    • Perusahaan akan selalu memberikan inovasi baru terhadap produknya serta dapat mengetahui kinerja pesaing perusahaan lain.
  6. Jelaskan manfaat manajemen informasi bagi sebuah perusahaan.
    Jawab :
    Manfaat SIM untuk suatu perusahaan antara lain :

    • Mendukung fungsi dari area bisnis untuk mencapai tujuan yang mencakup bagian keuangan, akuntansi, operasional, pemasaran, dan sumber daya manusia.
    • Untuk meningkatkan efisiensi dari proses produksi, meningkatkan efisiensi dari proses produksi, meningkatkan produktivitas pekerja, memberikan pelayanan dan kepuasan pelanggan.
    • Sebagai sumber utama informasi dan mendukung pengambilan keputusan efektif yang diambil oleh manajer dan profesional bisnis.
    • Untuk mengembangkan produk dan jasa yang kompetitif dan sebagai sebuah keuntungan strategik dalam menghadapi persaingan global.
    • Sebagai komponen utama dalam sumber daya infrastruktur dan kehandalan jaringan bisnis masa kini.
  7. Kualitas suatu informasi dipengaruhi 3 hal, sebutkan dan jelaskan.
    Jawab :

    Kualitas suatu informasi dipengaruhi 3 hal :
    a.       Relevancy
    Informasi dikatakan berkualitas jika relevan bagi pemakainya. Informasi akan relevan jika memberikan manfaat bagi pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lain berbeda-beda. Misal :
    Informasi tentang penjualan barang mingguan kurang relevan jika ditujukan kepada manajer teknik, tetapi akan sangat relevan jika disampaikan kepada manajer pemasaran.
    b.      Accuracy
    Sebuah informasi dapat dikatakan akurat bila mana informasi yang disampaikan tidak bias atau meneysatkan, bebas dari kesalahan-kesalahn dan harus jelas mencerminkan maksudnya.
    Beberapa hal yang berpengaruh terhadap keakuratan sebuah informasi :
    v  Kelengkapan
    v  Kebenaran
    v  Keamanan
    c.      Timelines
    Bahwa informasi yang dihasilkan dari suatu proses pengolahan data, datangnya tidak boleh terlambat 9usang). Informasi yang terlambat, tidak akan mempunyai nilai yang baik, sehingga kalau digunakan sebagai dasar dalam pemngambilan keputusan dapat menimbulkan kesalahan dalam tindakan yang akan diambil.
  8. Mengapa informasi menjadi sumber daya utama bagi suatu organisasi?
    Jawab :
    Karena tanpa informasi maka tidak akan ada organisasi. Informasi melalui komunikasi menjadi perekat bagi suatu organisasi sehingga organisasi tersebut bisa bersatu. Melihat peran yang begitu penting bagi suatu organisasi maka informasi, sebagaimana sumber daya lainnya, harus dikelola dengan baik.
  9. Coba anda jelaskan dan beri alasan apabila suatu sistem memiliki 7 buah subsistem dan salah satu sistemnya tidak dapat berfungsi, apakah sistem tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan?
    Jawab :
    Tidak akan berjalan sesuai dengan target karena sebuah sistem akan berjalan dengan sempurna jika semua subsistemnya berfungsi, bila salah satu saja subsistem ada yang tidak berfungsi maka harapan yang akan dicapai tidak akan sesuai dengan tujuan.
  10. Siapa sajakah yang dikelompokkan sebagai SDM sistem Informasi ?
    Jawab :

    • Manajer sistem informasi
    • Analisis sistem
    • Administrator jaringan
    • Administrator database
    • Programer
    • Operator
    • Pustakawan

Mochamad Rizky Heryandi

Setiap ilmu yang kita dapatkan harus kita amalkan sebelum kita kembali kepada Nya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.