Fungsi dan Cara Mengaktifkan ads.txt Adsense di Blogspot

Halo sobat, ada kabar baik nih untuk para publisher adsense yang saat ini masih menggunakan platform Blogspot. Sekarang, blogspot sudah mengaktifkan fiture ads.txt. ads.txt sendiri adalah singkatan dari Authorized Digital Sellers yang berfungsi agar sobat dapat memastikan iklan yang tampil di blog sobat adalah iklan yang hanya dijual oleh penjual Resmi seperti Google Adsense. Dengan membuat file ads.txt, Anda menjadi lebih leluasa mengatur apa saja produk yang akan diiklankan di blog sobat serta mencegah inventaris palsu yang ditampilkan kepada pengiklan.

Pentingkah Penggunaan ads.txt pada Blogspot dan Adsense?

Google sendiri menjelaskan bahwa penggunaan ads.txt ini tidaklah diwajibkan tetapi ‘Direkomendasikan’. Dengan kata lain, google menyarankan para publisher adsense yang masih menggunakan platform blogspot untuk menggunakan fiture ini.

Bagaimana Cara Memasang file ads.txt Adsense pada Blogspot?

Berikut cara membuat file ads.txt untuk mendeklarasikan kepada publik bahwa Google diotorisasi untuk menjual inventaris iklan Anda:

  1. Buat file teks (.txt).
  2. Sertakan baris berikut:google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0
    Penting: Pastikan Anda mengganti pub-0000000000000000 dengan ID penayang Anda sendiri.
  3. Hosting ads.txt di root domain Anda (misalnya, https://example.com/ads.txt).Di sini, “root domain” didefinisikan sebagai satu tingkat ke bawah dari daftar akhiran publik, seperti yang didefinisikan di spesifikasi ads.txt IAB. Misalnya, “google.co.uk” akan dianggap sebagai root domain karena “co.uk” berada dalam daftar akhiran publik, namun “maps.google.co.uk” tidak akan dianggap sebagai root domain.

Untuk mengaktifkan Ads.txt di Blogger, sobat bisa mengaturnya di

Dasbor Blogger Setelan Preferensi penelusuran Monetisasi ads.txt kustom > Kemudian klik edit pilih Ya dan isi kode berikut di kolom ads.txt

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Ganti pub-0000000000000000 dengan ID Adsense sobat kemudian klik Simpan perubahan.

ID Adsense bisa didapatkan di dasbor Google Adsense sobat seperti contoh di bawah ini

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Untuk mengecek apakah Ads.txt sudah aktif, sobat bisa cek di tab pencarian browser dengan link seperti ini

http://www.nama_domain.com/ads.txtGanti nama_domaindengan alamat blog sobat.

Bagi sobat yang memiliki blog dengan sub domain dari domain utama, sobat tidak perlu mengaktifkan Ads.txt ini. Cukup hanya di blog dengan domain utama saja yang diaktifkan

Pertanyaan Umum seputar ads.txt

Sumber : Suport.google.com

Pertanyaan umum (FAQ)
Saya melihat notifikasi tentang file ads.txt saya di AdSense. Bagaimana cara memeriksa situs dengan file ads.txt yang salah?

Jika melihat notifikasi ads.txt di akun Anda, buka halaman Situs saya untuk melihat daftar situs yang terpengaruh.

Jika situs yang terpengaruh bukan milik Anda, atau Anda tidak memonetisasinya, sebaiknya aktifkan fitur otorisasi situs, kemudian batalkan verifikasi situs tersebut.
Saya tidak dapat menempatkan file di root domain. Apa yang harus saya lakukan?
Anda tidak perlu menggunakan ads.txt, karena tidak akan memengaruhi pendapatan Anda jika tidak menerapkannya. Namun, jika file ads.txt ditambahkan ke root domain, pastikan Anda menghubungi webmaster dan meminta mereka untuk menambahkan ID penayang ke file tersebut.
Bagaimana cara Google menerapkan ads.txt?

Setiap kali file ads.txt diposting di root domain, Google akan menggunakan konten file tersebut untuk menentukan akun penjual Google mana yang akan diizinkan untuk menayangkan iklan di root domain tersebut.

Saat Anda meminta iklan untuk situs tertentu, kami akan memeriksa apakah root domain situs tersebut berisi file ads.txt. Jika tidak ada file ads.txt, berarti tidak ada penegakan tambahan. Jika ada file ads.txt dan ID penayang Anda tercantum dengan benar, kami akan menjalankan lelang dan menampilkan iklan pemenang. Jika ada file ads.txt dan ID penayang Anda tidak tercantum dengan benar, kami tidak akan menjalankan lelang untuk permintaan tersebut.

Sistem kami secara otomatis memeriksa file ads.txt yang baru dan telah diupdate. Perlu diketahui bahwa jika Anda mengupdate atau menghapus file ads.txt, sistem kami memerlukan waktu hingga 24 jam untuk mendaftarkan perubahan Anda.

Apakah Google hanya mendukung file ads.txt di domain, atau juga di subdomain per update spesifikasi ads.txt September 2017 v1.0.1?

Di tahun 2017, Google hanya akan meng-crawl dan menerapkan file enforce ads.txt yang ditempatkan di domain root dan akan mengabaikan file yang ditempatkan di subdomain. Pastikan penjual yang diotorisasi untuk domain Anda disertakan di file ads.txt yang ditempatkan di domain root. Kami berencana meng-crawl dan menerapkan file ads.txt yang ditempatkan di subdomain di awal tahun 2018. Kami akan memberikan detail selengkapnya saat fitur ini tersedia.

Apakah Google mendukung pengalihan per update spesifikasi ads.txt September 2017 v1.0.1?

Per update spesifikasi ads.txt v1.0.1, Google mendukung pengalihan HTTP tunggal ke tujuan di luar domain root asli (misalnya, contoh.com/ads.txt dialihkan ke contoh2.com/ads.txt).

Beberapa pengalihan juga didukung, selama setiap lokasi pengalihan tetap dalam domain root aslinya. Misalnya:

  • contoh.com/ads.txt yang dialihkan ke www.contoh.com/ads.txt
  • contoh.com/ads.txt yang dialihkan ke subdomain.contoh.com/ads.txt
  • contoh.com/ads.txt yang dialihkan ke contoh.com/page/ads.txt

5 Responses for Fungsi dan Cara Mengaktifkan ads.txt Adsense di Blogspot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.