EKSOTISME PANORAMA LIMA GUNUNG DARI PUNCAK KETEP PASS

Menghabiskan liburan untuk berwisata merupakan keharusan bagi anak muda. Berburu Wisata alam sering kali menjadi tujuan utama mereka. Selain murah, suasana natural alam mampu menyejukan dan melepaskan segala kepenatan yang dialami.

Memanjakan mata dengan menyaksikan keindahan jejeran gunung yang membentang mengelilingi Pulau Jawa mejadi surga panorama yang tidak boleh terlewatkan. Tak perlu jauh-jauh untuk bisa menyaksikan panorama ini. Obyek wisata puncak Ketep Pass ini tersimpan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Obyek Wisata yang diresmikan Presiden RI Megawati Sukarno Putri pada 17 Oktober 2002 lalu terletak di puncak bukit sawangan (Pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu) yang berlokasi di Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berjarak 30 Km dari kota Magelang, 50 Km dari arah Yogya dan 35 km dari kota Boyolali, Jawa Tengah. Walaupun di dataran tinggi, tetapi jalur menuju ke obyek wisata ini mudah dijangkau oleh berbagai kendaraan. Suasana dingin dan udara segar di ketinggian 1200 meter dpl ini mampu memanjakan mata.

Cukup dengan membayar tiket masuk Rp. 7.500/orang dan parkir, pengunjung disuguhkan berbagai fasilitas yang wajib dinikmati. Pengunjung dapat menikmati gagahnya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu serta hamparan lahan pertanian di kedua kaki Gunung dari Gardu Pandang. Belum puas menyaksikan dengan mata telanjang, pengunjung dapat memanjakannya dengan teropong, yang tersedia di Pelataran Panca Arga. Disini pengunjung akan disuguhkan eksotisme lima gunung sekaligus yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Slamet. Selain itu bila anda beruntung, masih dapat menikmati Gunung-Gunung kecil di Pulau Jawa dan bukit-bukit dibawah kaki gunung.

Melepas segala kepenatan di Ketep Pass memang pas sekali, walaupun melalui perjalanan yang menantang, namun keindahan panorama puncak mampu menghapus rasa lelahnya. Berburu sunrise di Ketep Pass dan mengabadikan eksotisme surga pandang ini mejadi tantangan tersendiri, pasalnya di musim hujan seperti sekarang ini, panorama ini sering tertutup kabut.

Namun jangan berkecil hati, di Ketep Pass tidak hanya menyimpan panorama alam yang membentang luas saja, pengunjung juga di sediakan sebuah sarana edukasi yang menarik, seperti:
1.Ketep Vulcano Theater
Sebuah gedung pemutaran film dokumenter yang berdurasi 25 menit tentang segala aktivitas Gunung Merapi.
2.Ketep Vulcano Centre
Sebuah museum yang menyimpan beragam hal tentang Gunung Merapi, seperti miniatur, dokomen kegunungapian, batu-batuan letusan gunung merapi, dan lain–lain.

Tidak perlu khawatir, Ketep Pass dilengkapi area parkir yang luas, mushola dan toilet yang nyaman. Untuk urusan perut, pengunjung tidak usah takut, berbagai sajian menu makanan khas Ketep, seperti jagung bakar, mendoan ketep dan lain-lain siap menjadi santapan yang akan membakar suasana dingin anda. Selain itu terdapat juga Restaurant Ketep Pass, dimana pengunjung bisa menikmati hidangan sambil menikmati panorama di kaki Gunung.
Penulis: Desi Rindi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.