Cara Mudah Mengatasi Kesalahan Perayapan dan ERROR 404 pada Google Web Master (GWM)

Menurut pendapat saya, Kesalahan perayapan yang terdeteksi pada Google Web Master atau biasa di sebut GWM mungkin tidak terlalu berpengaruh pada nilai SEO sebuah blog. Dan masih penurut pendapat saya, Hal tersebut malah berpengaruh kepada URL yang akan kita index selanjutnya di Google Web Master. Hal ini berani saya katakan sesuai pengalaman pribadi saya sendiri. Akhir-akhir ini situs saya terdeteksi memiliki Kesalahan Perayapan pada Google Web Master.  Hal itu terjadi karena saya baru saja melakukan perubahan besar-besaran pada situs saya dengan cara menghapus semua artikel hasil copy paste yang ada di situs ini. Dan sepertinya, beberapa URL dari artikel copy paste tersebut sebelumnya sudah terindex di Google dan muncul di halaman pencarian google ketika ada orang yang mengetikkan Keyword tertentu yang cocok dengan artikel hasil copy paste tersebut. Sehingga pada saat orang mengklik URL tersebut, akan dialihkan ke halaman 404 yang ada pada situs saya.

Setelah hal itu terjadi, error 404 yang ada di Akun GWM saya banyak sekali muncul bahkan sampai ratusan. Dan semenjak hari itu juga, saya mengalami masalah ketika ingin mengindex situs saya ke google web master. Yang biasanya satu hari saja sudah statusnya sudah menjadi terindex. Kali ini butuh beberapa hari untuk merubah status dari terkirim menjadi terindex. Contohnya bisa sobat lihat di bawah ini.
Dari URL tersebut, terlihat ada 448 Url yang terkirim, sedangkan baru 439 URL yang sudah terindex. Dalam kata lain, masih ada 9 Url yang masih belum terindex. Dan cara mengatasinya adalah, kita harus kembali ke masalah utama yaitu Kesalahan Perayapan dan ERROR 404 yang terjadi pada situs kita. Tab kesalahan perayapan pada Google Web Master bisa sobat cek Dashboard Search Console pada Google Web Master lalu klik Perayapan > Kesalahan Perayapan.
Di tab tersebut ada dua kategori yaitu ‘Desktop’ dan ‘Ponsel Cerdas’. Dimana masing-masing kategori mempunyai dua sub-kategori yaitu ‘Kesalahan Server’ dan ‘Tidak Ditemukan’. Desktop maksudnya adalah kesalahan perayapan yang terjadi ketika situs kita dibuka pada tampilan Desktop, sedangkan Ponsel cerdas sebaliknya, yaitu kesalahan perayapan pada saat situs kita dibuka pada tampilan Smartphone.
Sekarang, kita lanjut ke sub-kategori yaitu ada Kesalahan Server dan Tidak Ditemukan. Untuk ‘Kesalahan Server’ sendiri saya kurang tau apa penyebabnya karena saya menggunakan Hosting Blogger alias gratisan, jadi saya masih kurang paham apa kesalahan server yang dimaksud. Sedangkan untuk ‘Tidak Diketahui’ adalah URL yang ada atau pernah ada di situs Anda yang ketika saat ini di akses, URL tersebut telah diganti atau dhihapus oleh Anda. sehingga muncul lah Kesalahan Perayapan ‘Tidak Diketahui’ atau yang biasa kita sebut ‘Error 404’.
Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Sebenarnya, dengan cara mencentang kotak yang ada disamping URL yang terdeteksi Error 404 lalu mengklaimnya sebagai telah diperbaiki pun masalah tersebut sudah bisa teratasi, namun hanya sesaat. Masalah tersebut akan datang lagi dikemudian hari jika tidak Anda atasi dengan penyebab yang sama seperti sebelumnya. Cara paling ampuh yang saya lakukan untuk mengatasi masalah ERROR 404 ini adalah dengan cara mengalihkan URL yang bermasalah ke halaman aktif yang ada di situs saya. Atau bisa juga dengan cara mengalihkannya ke halaman Feeds di situs Saya.  Sehingga ketika ada orang yang mengklik halaman bermasalah tersebut, mereka akan dialihkan ke halaman Feeds saya. Jadi walaupun mereka tidak menemukan Artikel yang mereka cari, tapi setidaknya mereka dihadapkan pada artikel yang bisa mereka baca pada Situs kita. Dan cara tersebut pun bisa kita lakukan sembari mempromosikan Feeds pada Situs yang Anda milikki.
Feeds Seciko.id
Untuk cara mengalihkannya sendiri, Sobat bisa melakukannya dengan cara di bawah ini.
  1. Klik ‘Setelan’ pada Dashboard Blogspot, dan klik ‘Preferensi Penelusuran’. Lalu klik ‘Pengalihan Khusus’.
  2. Klik ‘Pengalihan baru’, lalu pada URL kolom ‘Dari’ isikan URL yang bermasalah yang tadi terdeteksi di Google Web Master, contohnya seperti ini :
    /2017/03/seorangciko.html
    sekarang isi kolom ‘Kepada’ dengan URL yang dijadikan sebagai pengalihan. Jika Sobat ingin mengalihkannya ke halaman Feeds pada situs Anda, masukkan URL ini :
    /feeds/posts/default
    Oh ya, jangan lupa centang ‘Permanen’ pada kotak yang disediakan.
    Agar lebih jelas, silahkan lihat gambar di bawah ini:
    Jika sudah, silahkan klik Simpan Perubahan
  3. Selesai, sekarang silahkan coba akses URL yang bermasalah tersebut, sebagai contoh silahkan akses URL saya di atas yang telah saya alihkan ke halaman Feeds saya : https://www.seciko.com/2017/03/seorangciko.html
    Jika masih ERROR 404, itu berarti ada yang salah pada saat Anda memasukkan alaman yang bermasalah tadi, tapi apabila telah teralihkan ke Feeds situs Anda. Itu berarti Sobat telah berhasil mengalihkan URL yang bermasalah tersebut.
  4. Terakhir, Sobat hanya tinggal mengulangi langkah tersebut dan melakukannya pada semua URL yang bermasalah pada Google Web Master. Memang cukup pegal, sayapun merasakan hal yang sama, apalagi ada ratusan laman yang error pada situs saya saat itu. Demi Google Web Master dan Pengunjung Setia blog. Apa sih yang ngga? hehe…
  5. Selamat Mencoba!
Mudah bukan? Dengan cara ini, sekarang sobat mulai bisa mengatasi laman error 404 yang terdeteksi pada situs sobat, sehingga kemungkinan URL sobat terindex lebih cepat di Google Web Master pun lebih besar. Selain itu, keuntungan lainnya adalah sobat bisa mempromosikan Feeds yang ada pada situs sobat, sehingga pengguna yang masuk ke halaman feeds pada situs sobat bisa melihat-lihat isi artikel yang ada pada situs sobat, dan jika beruntung orang tersebut bisa saja berlangganan pada Feeds yang sobat milikki.
Sekian untuk artikel kali ini, Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat!
Keyword:
cara mengatasi error 404 pada google web master
cara mengatasi error 404 pada blogger

cara mengatasi error 404 di android
cara mengatasi 404 not found di uc browser
cara mengatasi page not found android
cara mengatasi 404 not found pada google chrome
cara mengatasi page not found di uc browser
cara mengatasi error 404 di uc browser
cara mengatasi error 404 saat download
mengatasi page not found di android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.