Cara Menjadi Influencer Affiliate Program Tanpa Modal

Salah satu profesi yang sedang booming saat ini adalah influencer. Influencer adalah orang yang dapat memberi pengaruh terhadap masyarakat, dalam hal ini tentunya memberi pengaruh pada audience agar mereka mau membeli produk atau jasa yang kita promosikan. Siapapun bisa menjadi influencer, baik itu youtube, blogger, vlogger bahkan orang seperti kamu sekalipun!

Cara menjadi influencer affiliate program bisa dikatakan susah-susah gampang, banyak sekali orang yang saya kenal dan memiliki banyak followers di akun sosial medianya namun belum berani terjun ke dunia influencer. Padahal pengikut di media sosial merupakan modal utama dalam pekerjaan ini. Semakin banyak pengikut maka semakin banyak juga target audience yang akan kita tuju dan tentunya semakin besar pula kemungkinan mereka untuk membeli produk dan jasa yang kita promosikan.

Ketidakberanian mereka untuk terjun ke dunia influencer mungkin didasari oleh beberapa hal di bawah ini

Takut Gagal

Gagal adalah hal yang sangat ditakuti oleh banyak orang, namun perlu teman-teman ketahui bahwa kebanyakan orang sukses di dunia ini pasti pernah mengalami kegagalan sebelumnya. Jadi, buang jauh-jauh rasa takut gagal itu, dan mulailah mencoba!

Malu

Selain takut gagal, malu adalah hal yang juga banyak dirasakan oleh semua orang. Bukan hanya di dunia influencer, tapi banyak pemuda-pemuda yang ingin sekali mencoba berbisnis tapi menundanya karena alasan malu. Bisa malu karena harus promosi ke teman, malu karena dikira butuh uang, malu takut dagangannya tidak laku dan lain-lain.

Kurang Pengetahuan

Setelah dua hal di atas, kurangnya pengetahuan juga bisa menjadi faktor kenapa mereka tidak juga terjun ke dunia influencer. Tidak memiliki channel, tidak tau caranya daftar menjadi influencer, tidak tahu platform apa yang digunakan untuk menjadi influencer, dan lain-lain.

Cara Menjadi Influencer tanpa modal

Nah jika kamu termasuk ke dalam faktor yang ketiga, kali ini seciko akan berbagi Cara Menjadi Influencer Pemula Tanpa Modal. Simak baik-baik tutorialnya di bawah ini ya!

1. Mengajukan diri

Beberapa marketplace besar seperti Lazada, tokopedia dan shopee membuka lowongan sebesar-besarnya untuk kamu yang ingin menjadi influencer mereka. Namun sebagian besar memiliki persyaratan-perysaratan yang harus kamu penuhi sebelum mendaftarkan diri sebagai influencer, seperti shopee misalnya. Kamu harus memiliki minimal 10.000 followers di media sosial jika ingin bergabung ke influencer affiliate program mereka. Begitupun marketplace yang lain, tentu memiliki persyaratan yang berbeda-beda juga.

Buat kamu yang berminat untuk mengajukan diri ke marketplace yang diinginkan, berikut saya cantumkan beberapa link pendaftaran influencer affiliate program yang saya ketahui.

Shopee Affiliate Program

Keuntungan
  • Punya kebebasan dalam memilih dan mempromosikan produk sebagai konten.
  • Memiliki fleksibilitas berkarya di channel media sosial, tanpa kontrak eksklusif yang mengikat.
  • Proses mudah dan sederhana dengan hanya menyebarkan referral link untuk mulai mendapatkan komisi.
  • Komisi akan dihitung dari harga produk yang terjual. Dapatkan komisi 5% dengan mempromosikan link produk di media sosialmu, atau 10% komisi dengan mempromosikan link produk di Shopee Feed.
  • Pembayaran transparan sesuai dengan performa, bergantung pada jumlah pembelian dan referral link.
Link Pendaftaran

Daftar Disini / Persyaratan Disini

Lazada Affiliate Program

Keuntungan

Dapatkan penghasilan tambahan melalui kemitraan afiliasi dengan pusat belanja online terbesar di Asia Tenggara ini!

Lazada, satu-satunya tujuan berbelanja online di Asia Tenggara menawarkan cara mudah untuk mendapatkan keuntungan dari situs web dan aplikasi kamu melalui program afiliasinya dengan model pembagian pendapatan atau komisi hingga 10% dari setiap pesanan yang dihasilkan.

Didukung oleh tim dukungan terbaik di 6 negara dan teknologi yang paling canggih dengan ribuan pilihan media promosi serta siklus pembayaran yang mudah dan waktu validasi yang singkat membuat Lazada Afiliate Program # 1 di industri ini.

Daftar gratis dan mulailah mendapatkan keuntungan dengan kami sekarang!

Link Pendaftaran

Daftar Disini / Persyaratan Disini

2. Invitation / Undangan

Cara yang kedua ini, mirip dengan yang pertama. Namun bedanya, kita harus menunggu undangan dari pihak marketplace yang tertarik untuk menjadikan kita sebagai Influencer mereka. Biasanya pihak marketplace seperti shopee dan lazada akan mengirimi pesan kepada sobat yang pengikut di sosial medianya banyak. Pesan yang disampaikan bisa melalui DM ataupun email yang sobat cantumkan di sosial media.

Jika sewaktu-waktu menerima pesan atau email dari marketplace apapun, jangan cepat-cepat dihapus. Dibaca terlebih dahulu karena bisa saja itu undangan untuk menjadi influencer mereka, jika ya maka jangan sia-siakan kesempatan itu ya!

Untuk contoh emailnya, kurang lebih akan seperti di bawah ini :

3. Melalui Pihak ketiga

Berbeda dengan cara kesatu dan cara kedua, cara ketiga ini lebih mudah kamu lakukan. Kenapa? Karena di cara ke satu dan cara kedua, biasanya jika sobat mengajukan diri untuk menjadi influencer ataupun menunggu diundang oleh pihak marketplace akan membutuhkan waktu yang cukup lama! Dan itupun belum tentu disetujui apalagi jika kamu masih pemula yang followers media sosialnya masih di bawah 10rb.

Namun jangan khawatir, tetap ada solusinya. Yaitu dengan cara daftar melalui Pihak ketiga. Pihak ketiga yang dimaksud disini bukan orang dalam yaa hehe. Jadi pihak ketiga ini adalah perantara antara kita sebagai influencer dan juga marketplace.

Jadi sistemnya seperti ini, marketplace mendaftar ke pihak ketiga agar mereka mudah mencari influencer dan mudah untuk mengiklankan produk. Sedangkan kita sebagai influencer daftar ke pihak ketiga tersebut agar kita memiliki produk atau jasa yang dapat dipromosikan dan tentunya mendapat komisi dari setiap produk yang laku dijual.

Dengan mendaftar melalui pihak ketiga, aplikasi yang kita ajukan ke marketplace yang dituju akan semakin mudah disetujui. Sehingga kita bisa langsung mulai mempromosikan produk yang ada di dalamnya. Selain itu, pada platform pihak ketiga juga kita sudah diberikan berbagai macam pilihan brand yang ingin kita promosikan. Baik itu dari marketplace maupun online shop. Tentunya dengan komisi dan tawaran yang berbeda-beda.

Lalu platform pihak ketiga apa yang bisa digunakan untuk mendaftar? Simak artikel selengkapnya pada postingan Seciko selanjutnya ya! Stay tune terus!

Mochamad Rizky Heryandi

Setiap ilmu yang kita dapatkan harus kita amalkan sebelum kita kembali kepada Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.