Cara Mengetahui Jenis Prosesor Android ARM, X86

Perbedaan Jenis Prosesor Android (ARM, ARM64 dan x86)

Diposting pada

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Android memiliki beberapa macam prosesor. Dan pada artikel kali ini saya akan memberitahu sobat Bagaimana Cara Mengetahui Jenis Prosesor di Android dan Perbedaan dari Prosesor Android itu sendiri, baik ARM, ARM64 ataupun x86.

Saya sendiri baru mengetahui perbedaan ketiga jenis prosesor ini ketika hendak menginstall Aplikasi. Beberapa aplikasi tidak bisa di install di Smarphone Android saya, namun ketika saya coba install di smartphone android lainnya, aplikasi tersebut dapat di install. Dan ternyata, penyebabnya adalah perbedaan jenis prosesor Android yang saya gunakan dengan Aplikasi tersebut. Dalam kata lain, file apk tersebut tidak support untuk HP Android saya.

Untuk itu, sebelum mendonwload aplikasi ada baiknya sobat mengetahui dulu apa jenis prosesor Android sobat agar ketika mendownload Aplikasi tersebut sudah dipastikan support dengan HP Android sobat. Seperti halnya ketika hendak mendownload Aplikasi VSCO Fullpack di Blog saya ini, saya menyediakan 2 link download untuk setiap versi vsco fullpack. Ada yang ARM dan x86. Karena itu, ada baiknya sobat mencari tahu dahulu jenis prosesor Android apa yang sobat gunakan. Agar tidak perlu mendownload 2 kali. Kan sayang tuh kuotanya hehehe.

Sebelum lanjut ke tutorial, saya akan beritahu dulu apa perbedaan antara Prosesor Android ARM, ARM64 dan x86.

Perbedaan Prosesor ARM, ARM64, 86

Cara Mengetahui Jenis Prosesor Android ARM, X86

Prosesor ARM

Jenis prosesor ini adalah yang paling umum digunakan di Android, jenis prosesor ini berfungsi untuk mengoptimalkan konsumsi baterai yang ada pada Android sobat.

Prosesor ARM64

Sedangkan prosesor ARM 64 adalah prosesor hasil penyempurnaan dari prosesor ARM. ARM64 ini mendukung pemrosesan 64bit untuk komputasi yang lebih besar. Selain itu, ARM 64 juga menjadi standar perangkat yang terbaru.

Prosesor x86

Sedangkan prosesor x86 adalah Prosesor yang bisa dikatakan sangat powerful, namun sedikit kurang dalam penggunaan konsumsi baterai (Boros).

 

Terlepas dari ketiga perbedaan di atas, jika sobat tidak mengetahui jenis prosesor yang ada pada Android sobat, sobat bisa mengikuti langkah – langkah di bawah ini untuk mengetahui jenis prosesor apa yang ada di Smartphone Android sobat.

Cara Mengetahui Jenis Prosesor Android (ARM, ARM64 dan x86)

  1. Install aplikasi yang bernama Droid Hardware (Bisa di download di playstore).
  2. Jika sudah di install, buka aplikasi tersebut dan lihat pada bagian tab System. Lirik bagian CPU Architecture dan kolom Instruction Sets.Perbedaan APK ARM, ARM64 dan x86
  3. Selesai.

Note : 

  • ARM : ARMv7 atau armeabi
  • ARM64 : AArch64 atau arm64
  • x86 : x86 atau x86abi

Artikel Serupa :

Gambar Gravatar
Setiap ilmu yang kita dapatkan harus kita amalkan sebelum kita kembali kepada Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.