Seciko | Mochamad Rizky Heryandi's Blog - Sharing Center

Tentang Penulis

Tentang Penulis

Nama saya Mochamad Rizky Heryandi, tetapi di blog saya, saya sering menggunakan Nama Ciko. Itu panggilan saya di keluarga saya. Saya lahir di Sumedang pada tanggal 8 Mei 1999 dan mulai membuat blog ini sejak saya berusia 17 tahun tepatnya pada tanggal 16 Oktober 2016. Saya sekarang bekerja sebagai IT Support di perusahaan Swasta di Kota Bandung dan sedang berusaha untuk dapat kuliah sambil bekerja agar tidak merepotkan kedua orang tua saya. Oh ya satu lagi, untuk anak paskibra, Alhamdulillah saya terpilih sebagai Paskibraka 2015 tingkat Kota Cimahi. Darah Paskibra akan selalu melekat di hati saya, oleh karena itu saya sering berbagi info paskibra di blog ini, baik Info Lomba dan info lainnya tentang Paskibra.

Tentang SECIKO ID

Seciko adalah situs yang membagikan info tutorial blogger, android, dan game. serta berbagi info sekolah,  info paskibra dan informasi lainnya.

Seciko pada mulanya adalah tempat untuk menuangkan keluhan yang saya rasakan, tetapi seiring berjalannya waktu akhirnya saya menemukan bahwa ada hal-hal yang lebih baik yang dapat diperoleh dari sebuah blog. Itulah kepuasan dalam berbagi pengetahuan dan informasi kepada orang-orang yang membutuhkannya, oleh karena itu, mulai sekarang seciko akan terus fokus untuk berbagi informasi dan ilmu kepada pembaca setia. Informasi dan pengetahuan yang umum dibagikan di sini ada beberapa macam, termasuk Informasi Paskibra, Aplikasi Android, Tutorial Blogger dan tips / trik menarik lainnya. Pada awalnya, seciko memiliki domain seorangciko.blogspot.com Namun pada 08 Juli 2017, saya mengubah domain seorangciko.blogspot.com menjadi seciko.id

Tulisan di atas di buat pada tanggal 16 Oktober 2016

Mimpi yang Menjadi Kenyataan

Izinkan saya untuk sedikit bercerita tentang pengalaman yang mungkin tak akan pernah saya lupakan dan saya harap ini bisa dijadikan Motivasi bagi rekan-rekan blogger maupun rekan-rekan pembaca sekalian. Bisa teman-teman baca pada paragraf pertama di atas. Di paragraf tersebut saya tuliskan harapan dan cita – cita saya yang saya tuliskan pada tanggal 16 Oktober 2016. Di tulisan tersebut saya berkata seperti ini “Saya sekarang bekerja sebagai IT Support di perusahaan Swasta di Kota Bandung dan sedang berusaha untuk dapat kuliah sambil bekerja agar tidak merepotkan kedua orang tua saya…“. Tahukah sobat bahwa kalimat tersebut saya tuliskan bukan sekedar hanya untuk menambah bait kata-kata pada halaman About Us ini saja. Melainkan saya niatkan dalam hati yang kuat bahwa saya ingin dan harus kuliah suatu saat nanti walaupun kondisi ekonomi keluarga saya pada saat itu bisa dikatakan Kurang.

Waktu demi waktu terus berlalu, saya tetap fokus pada pekerjaan utama saya sebagai IT Support sembari mengurus blog saya yang pada saat itu belum menghasilkan sepeser rupiah pun. Pada saat itu saya terus konsisten membuat postingan dalam 1 hari minimal 1 postingan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, saya yakin suatu saat nanti blog saya yang pada saat itu belum menghasilkan sepeser uang akan dapat menjadi tambang rupiah bagi kehidupan saya di masa yang akan datang.

Kejutan datang pada tanggal 31 Oktobert 2017. Form Pengajuan saya kepada Google Adsense yang pada sebelumnya ditolak sampai ratusan kali akhirnya diterima pada hari tersebut. Dan mulai saat itu, blog saya yang awalnya tidak berpenghasilan mulai menunjukan tanda-tanda positif. Uang mulai mengalir dengan begitu cepat ke Akun Google Adsense saya yang baru saja disetujui. Hal tersebut dikarenakan pada satu tahun sebelumnya saya konsisten untuk terus membangun blog saya dan terus mengutamakan pengunjung blog. Tidak terpaku pada uang, sehingga hasilnya pada saat Form Pengajuan saya diterima Google Adsense. Penghasilan saya berjalan lancar. Hingga bisa sampai sekarang ini.

Pada saat itu penghasilan Blog saya sedikit lebih besar dari Penghasilan saya sebagai Karyawan di Perusahaan tempat saya bekerja. Saya teringat keinginan saya di tahun 2016 lalu bahwa saya ingin melanjutkan study saya ke jenjang yang lebih tinggi. Hingga akhirnya pada bulan Mei 2018 saya memutuskan untuk memberanikan diri Mendaftar Kuliah pada Universitas Swasta yang cukup ternama di Kota Bandung, tentu saja biayanya lebih mahal dari Universitas Swasta lain pada umumnya ditambah uang tambahan yang harus saya bayarkan karena saya ambil Kelas Karyawan (Posisi saya pada saat itu masih menjadi Karyawan). Banyak resiko bagi saya sebenarnya, penghasilan dari blog memang cukup besar, tapi terkadang tidak menentu. Dan apabila suatu hari terjadi masalah pada blog saya ini. Dari mana saya bisa membayar uang kuliah? Tapi pikiran tersebut saya buang cepat-cepat. Saya tak ingin berfikir sempit. Saya yakin pasti ada jalannya! Hingga akhirnya saya resmi menjadi Mahasiswa di Universitas tersebut.

Loncatan Besar di Awal 2019

2 Tahun adalah waktu yang terasa cukup lama bagi saya selama bergelut dalam dunia Blogging. Jatuh bangun telah saya rasakan dan semuanya selalu saya jadikan pelajaran untuk membuat Blog ini lebih baik kedepannya dan bisa lebih bermanfaat bagi para pembaca Seciko.id (sekarang seciko.com). Harapan saya satu persatu mulai tercapai. Namun saya tidak mau cepat puas, saya masih jauh dari kata sukses. Setelah saya 3 bulan menjalani perkuliahan, saya merasakan belum ada yang saya dapat. Ternyata mengambil Kelas Karyawan membuat saya tidak fokus pada Perkuliahan saya. Dosen yang mengajar memberi toleransi yang cukup besar kepada Mahasiswa Kelas Karyawan, dari mulai jam kedatangan Mahasiswa yang tidak dibatas (boleh terlambat) sampai UTS yang boleh di bawa ke rumah, serta keringanan-keringanan lainnya yang menurut saya hal tersebut membuat saya berfikir bahwa itu sama saja seperti tidak kuliah. Kuliah saya seperti asal-asalan sementara biaya yang saya tanggung untuk kuliah cukup besar. Hal tersebut mungkin tidak penting bagi mahasiswa Kelas Karyawan yang lainnya karena tujuan utama mereka mungkin hanya untuk mendapatkan Ijazah saja karena tuntutan Perusahaan tempat dimana mereka bekerja. Tapi tidak untuk saya, saya ingin kuliah karena saya ingin mencari ilmu, ilmu yang mungkin bisa menambah skill dan pengetahuan saya dalam menjalani Pekerjaan yang mulai saya sukai dan anggap sebagai Hobi sendiri yaitu Blogger walaupun pada saat itu saya masih berstatus sebagai karyawan di perusahaan tempat saya bekerja.

Pada saat itu juga fokus saya mulai terbagi, antara kuliah, blog dan pekerjaan utama saya. Hal tersebut membuat saya berfikir bahwa harus ada salah satu yang saya lepas agar saya bisa kembali Fokus. Dilema sempat terjadi pada pikiran saya, saya berfikir ingin meninggalkan pekerjaan utama saya sebagai karyawan dan ingin fokus dalam dunia blogging serta berpindah dari kuliah kelas karyawan menjadi kelas reguler agar kuliah saya menjadi fokus dan tidak asal-asalan lagi. Namun kembali saya berfikir tentang “Resiko”. Resiko ketika saya memutuskan meninggalkan pekerjaan utama saya adalah, apabila Blog saya tidak berjalan lancar, maka tidak ada sumber penghasilan lain yang bisa memback up biaya kuliah saya pada saat itu. Sedangkan sisi positif jika saya keluar dari pekerjaan utama saya sebagai karyawan adalah saya dapat fokus ke dunia Blogging dan hal tersebut bisa saja meningkatkan penghasilan saya dari Blog mengingat pada saat Fokus saya terbagi tiga saja saya sudah bisa mendapat penghasilan yang lumayan dari Blog. apalagi jika saya Melepas pekerjaan utama saya, mungkin saja bisa lebih besar!

Hal tersebut membuat saya yakin untuk mengambil keputusan bahwa saya harus Ressign dari tempat dimana saya bekerja sebagai karyawan dan menjadi Bos untuk diri sendiri sebagi Blogger. Segala Resiko telah siap saya tanggung, apapun alasannya dan apapun hambatannya kedepan nanti, saya tetap pastikan bahwa saya akan tetap Ressign pada awal Januari nanti. Dan menjadi seorang Fulltime Blogger.

Saya harap, saya bisa menyelesaikan Kuliah saya dengan lancar begitupun dengan Blog pribadi saya ini. Tak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada para teman, sahabat dan keluarga saya terutama Kedua Orang Tua saya yang sampai saat ini terus mendukung saya dengan segala keputusan yang saya ambil. Aku sayang kalian 🙂

Tulisan ini diperbarui pada tanggal 19 November 2018 Pukul 19:38

Feel free to contact me via the Contact page if there is something to talk about, InsyaAllah, I will response as soon as possible.