5 Beasiswa Kuliah S1 di Luar Negeri

Diposting pada

Kuliah ke luar negeri menjadi salah satu impian banyak orang. Tapi kebanyakan orang justru pesimis dengan mimpinya sendiri, salah satunya karena kendala biaya. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa masalah biaya adalah sebuah hal yang patut untuk dipertimbangkan  Namun itu bukan berarti kamu harus menyerah begitu saja. Ada salah satu cara yang dapat membantumu untuk mencapai impianmu kuliah di luar negeri yaitu dengan beasiswa.

Saat ini tidak banyak orang yang mengetahui bahwa terdapat beasiswa untuk jenjang sarjana di luar negeri. Kebanyakan orang mengira hanya jenjang pascasarjana saja yang terdapat program beasiswa. Padahal tahukah kamu, ada banyak jenis beasiswa kuliah di luar negeri untuk jenjang sarjana. Apa sajakah jenis beasiswa itu? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Orange Tulips Scholarships (OTS)

Orange Tulips Scholarships atau disingkat OTS merupakan beasiswa yang diberikan secara khusus kepada WNI atau Warga Negara Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di Belanda. OTS ini sendiri diberikan dan juga didukung oleh perguruan tinggi dan perusahaan yang ada di Belanda, serta Pemerintah Indonesia yang tergabung sebagai sponsor dari beasiswa ini.

Seperti beasiswa-beasiswa lainnya, Orange Tulips Scholarships ini juga memiliki daftar perguruan tinggi yang tergabung sebagai mitra. Perguruan tinggi yang ada di Belanda hampir sebagian besar memiliki kerja sama dengan beasiswa ini. Walau begitu, kamu juga harus tetap menyesuaikan dengan universitas atau pun jurusan yang kamu inginkan.

OTS menyediakan beasiswa untuk jenjang diploma, sarjana hingga pascasarjana. Karena sponsor dari beasiswa ini terdiri dari banyak pihak, tergantung dari pihak mana yang akan mendanai pendidikanmu, sehingga hal ini berdampak pada skema pembiayaan beasiswamu. Apakah beasiswa penuh atau pun parsial.

 

  1. Beasiswa Monbukagakusho

Monbukagakusho atau terkenal dengan nama MEXT, merupakan beasiswa yang sangat popular dan sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin kuliah di Jepang. Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Jepang bagi WNI.

Kamu bisa memilih beasiswa dengan jenjang diploma, sarjana atau pun pascasarjana. MEXT memberikan pembiayaan penuh untuk kuliahmu. Itu artinya, beasiswa ini akan memberikan biaya kuliah, biaya hidup, sampai pada tiket pesawat pulang pergi dari Indonesia ke Jepang.

 

  1. Beasiswa ISRA

Beasiswa ISRA sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Malaysia. Beasiswa yang diberikan oleh International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance ini berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Bantuan pembiayaan kuliah diberikan bagi kamu yang menekuni bidang terkait keuangan syariah.

Perlu diketahui, beasiswa ISRA ini dibuka sepanjang tahun dan tidak ada deadline untuk mendaftar. Setelah mendaftar kamu hanya perlu menunggu email dari pihak ISRA untuk mengetahui jadwal seleksi wawancara. Hal yang sangat penting untuk diketahui lagi adalah pemberitahuan dari pihak ISRA ini paling lambat diberikan dua bulan setelah pengajuan aplikasi.

 

  1. New American University Scholarships – International

New American University Scholarships – International ini diberikan bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Arizona State University, Amerika Serikat. Selain itu beasiswa ini adalah salah satu contoh beasiswa yang diberikan oleh pihak universitas. Tiga jenis beasiswa yang ada yaitu President’s Award, Provost’s Award dan Dean’s Award.

Pembiayaan kuliah di beasiswa ini pun beragam. Mulai dari beasiswa penuh, 3/4, 1/2, dan juga kurang dari 1/2.

 

  1. International Student Academic Performance Scholarships

Sama dengan pembahasan yang sebelumnya, International Student Academic Performance Scholarships juga merupakan beasiswa yang diberikan oleh pihak universitas. Adalah Centennial College, Kanada yang memberikan beasiswa ini.

International Student Academic Performance Scholarships menyediakan beasiswa bagi berbagai jenjang, dari jenjang sarjana hingga pascasarjana. Untuk beasiswa ini sendiri mempunyai deadline atau batas akhir. Deadline untuk kelas musim gugur, pendaftarannya tidak lebih dari 15 Juli pada setiap tahunnya. Sedangkan deadline untuk kelas musim semi diadakan pada 15 Oktober pada setiap tahunnya.

Itulah beberapa beasiswa kuliah di luar negeri. Ada banyak jalan menuju roma, jangan patah semangat untuk mewujudkan mimpi-mimpimu. Selamat berjuang!

Artikel Serupa :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.