14 Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Awet Tahan Lama

Smartphone bagaikan kebutuhan pokok yang benar-benar wajib dipenuhi oleh manusia saat ini. Baterai di Android dan iOS tekenal Cepat Habis. Maka kita harus mencari cara agar baterai HP Android ataupun IOS yang kita milikki tidak cepat habis. Dulunya yang namanya kebutuhan pokok yaitu beras, minyak, sayur ikan. Semakin canggih smartphone yang kita punya maka semakin sering kita diberikan berbagai fitur yang menarik. Kita jadi berlama-lama deh melihat layar smartphone sampai mengabaikan segalanya. Maka dari itu artikel ini akan membahas cara agar baterai smartphone awet.

Semua manusia pasti mendambakan smartphone awet, kamera jernih, dan fitur yang lengkap. Artikel ini sengaja membahas yang lebih spesifik dulu mengenai batrai. Jika penggunaan smartphone setiap harinya melebihi batas waktu untuk memprioritaskan yang lain, maka smartphone dan batrai bisa cepat rusak. Selain mengurangi penggunaan,  cara apa saja yang dilakukan agar baterai awet? Yuuk simak dibawah ini:

14 Cara Agar Baterai Smartphone Awet

  1. Hindari mengecas smartphone semalaman
    Hilangkan kebiasaan mengecas smartphone terlalu lama. Meskipun baterai saat ini dilengkapi fitur mengenai daya isi charger namun bukan berarti anda mengabaikan hal tersebut. Carge smartphone yang paling baik itu saat isi baterai 30% dan ambil jika sudah 80% sampai 100%. Anda tidak mau kan jika baterai tersebut overheat dan rusak.
  1. Kurangi aplikasi yang bisa memunculkan banyak iklan
    Aplikasi yang baru Anda download di play store terkadang banyak muncul iklan bertebaran dan itu mengganggu kita saat menggunakan ponsel. Taukah anda dengan munculnya banyak iklan membuat cepat terkuras habis baterai smartphone dan ini dapat menurunkan performa smartphone itu sendiri.
  1. Atur ulang lama waktu nyala smartphone
    Setiap smartphone memiliki fitur atur ulang nyala smartphone. Anda bisa mengatur hal  tersebut dengan opsi sleep yang ada di smartphone. Ketika sudah membuka opsi sleep tersebut anda akan dihadapkan pilihan waktu dari mulai 15 detik, 30 detik, 1 menit, sampai kepada 30 menit.
  1. Gunakan fasilitas wifi dan matikan data selular
    Menyalakan mode data selular juga dapat menguras baterai loh. Jika anda berada di tempat yang memungkinkan banyak wifi misalnya seperti di kampus, cafe, sekolah maka pergunakan fasilitas wifi. Jadi selain anda dapat menghemat pengeluaralan setiap bulannya, juga dapat menghemat baterai smartphonemu.
  1. Kurangi kecerahan layar
    Biasanya kalau kecerahan layar terlalu terang juga mampu membuat daya baterai  berkurang. Anda bisa mengurani kecerahannya bahkan sampai pada titik terakhir, selain dapat menghemat baterai mengurangi kecerahan layar juga dapat membantu mengurangi sakit yang ada di mata. Mata juga perlu cahaya yang tidak terlalu terang ditambah radiasi dari smartphone itu sendiri.
  1. Gunakan fitur mode pesawat jika tidak membutuhkan smartphone sementara
    Kalaupun saat perjalanan panjang dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ketujuan, manfaatkan tubuh anda untuk istirahat. Sebelum anda tidur atur smartphone anda dalam mode pesawat, selain agar membuat baterai awet juga anda tidak akan terganggu oleh panggilan masuk dari orang lain. Maka dari itu istirahat anda menjadi lebih enak dan nyaman.
  1. Matikan fitur lokasi
    Fitur lokasi yang sering terletak di bagian atas setelah di scroll kebawah juga mampu mengurangi daya carger baterai. Anda bisa mengaktifkan fitur tersebut jika anda ingin pergi ketempat tujuan yang membutuhkan GPS. Smartphone akan tau lokasi mana yang anda tempati saar itu kemudian GPS akan memberikan arah dan petunjuk tempat yang anda cari.
  1. Dilarang menggunakan smartphone saat di ces
    Pemakaian smartphone bebarengan dengan di ces juga dapat merusak baterai. Baterai jadi overheaddan malah bisa kembung dengan begitu cepat. Anda cukup bersabar untuk tidak menggunakannya. Lebih pilih mana, smartphone anda cepat rusak namun ego anda terpenuhi atau tetap bersabar sampai menunggu baterai penuh. Anda akan menyadarinya saat anda mengalami kejadian itu sendiri secara langsung.
  1. Mengaktifkan fitur penghematan baterai
    Fitur ini berfungsi jika baterai anda sudah low beat. Maka dari itu caranya adalah anda bisa membuka menu setting, kemudian cari yang opsi baterai setelah itu aktifkan opsi penghematan baterai tersebut dengan mengubahnya menjadi on. Selanjutnya akan muncul warna orange guna mengurangi performa CPUnya.
  1. Memakai wallpaper biasa
    Ada banyak macam wallpaper yang disediakan oleh setiap smartphone. Ada yang biasa ada yang bisa bergerak-gerak. Nah jika anda menggunakan yang kedua ini, maka dipastikan akan cepat habis, mungkin bagi anda itu adalah hal sepele, namun jika benar-benar diamati, hal tersebut mampu mengurangi daya baterai.
  1. Memakai charger yang asli dan jangan gonta ganti
    Charger yang dipasangkan dengan smartphone memang sudah wajib untuk dipakai smartphone itu sendiri. Kalaupun anda melakukan hal yang sama seperti poin ke sebelas tersebut, bisa dipastikan chager hape anda cepat rusak dan ini akan berdampak pada lambatnya pengisian daya baterai.
  1. Kurangi bermain game
    Sama halnya dengan kurangi penggunaan. Anda yang dihadapi masalah seperti ini, bahkan sampai kecanduan perlu diwaspadai karena hal ini juga sangat berbahaya. Penggunaan smartphone yang terlalu lama juga membuat kepala menjadi semakin pusing.
  1. Jangan membiarkan baterai sampai 0%
    Kalau sudah dihadapkan masalah seperti ini, maka tidak bisa dianggap remeh. Membiarkana baterai 0% lalu mati plus dengan sendirinya juga membuat baterai rusak. Dan ini sering terjadi pada saya sebagi penulis dan sudah satu kali ini saya mengubah baterai tersebut.
  1. Menggunakan aplikasi anti virus
    Aplikasi antivirus membantu anda membersihkan berkas aplikasi yang terlalu berlebihan. Pemakaian aplikasi yang beragam terkadang muncul loading lama saat digunakan. Maka dengan adanya aplikasi anti virus dapat menormalkan kembali semua aktivitas smartphone yang dijalankan.

Demikianlah artikel mengenai cara agar baterai smarthphone awet. Semoga bisa bermanfaat. Dan pastikan ini langsung anda praktekkan dirumah tanpa harus menunda-nundanya. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel yang lain.

Penulis : Azifatun Najahah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.